Featured

Life in NL #3: Makan!

Assalamu’alaykum. Yak, edisi ketiga Life in NL saat ini tentang… Makan! 🌯🧀🌮🍹🍗🍜🍕 Kadang suka ada yang nanya, teh di sana makannya gimana? Gampang gak (kalau nyari yang halal)? Alhamdulillah, relatif mudah. Ya bisa dibilang masih bisa terjangkau untuk nyari bahan makanan yg halal dan baik (secara jarak tempuh dan harga *walau beberapa agak mahal dibanding […]

Read More Life in NL #3: Makan!
Featured

Life in NL #2: (A Glance of) International Social Life in Wageningen

Assalamu’alaykum. Yap, edisi “Life in Netherland” yang kedua bakal bahas tentang gimana sih komunikasi atau sosialisasi di lingkungan internasional, khususnya di Wageningen University. Oh iya, karena ini blog pribadi, jadi apa yang saya share di sini mungkin tidak bisa digeneralisir begitu saja ya. Isi blog ini berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman-teman saya di Wageningen. […]

Read More Life in NL #2: (A Glance of) International Social Life in Wageningen
Featured

Life in NL #1: Kuliah di Wageningen?

Assalamu’alaykum. Semangat pagi, semua! Selamat datang kembali. Kali ini di edisi blog “Life in NL”, saya mau cerita soal gimana studi awal di Wageningen University and Research, Belanda (untuk program Master). Kenapa studi awal? Karena saya sendiri baru (hampir) 5 bulan merasakan studi di sini. Jadi, ya saya share dulu saja apa yang sudah saya […]

Read More Life in NL #1: Kuliah di Wageningen?
Featured

Ramadhan This Year #30DaysRamadhanWriting 27

Alhamdulillah. Ramadhan sudah berkemas. 11 bulan ke depan ia akan pergi, untuk kemudian kembali menyapa sesiapa yang merindukannya. 11 bulan ke depan pula, kita akan diuji, keistiqomahan ibadah, hijrah sikap+pemikiran, dan kedekatan dengan Al-Qur’an; mungkin akan jadi buktinya. Mari berharap, semoga kita jadi salah satu dari yang merindukannya, dan juga dirindukannya. Rindu aktif, bukan pasif. […]

Read More Ramadhan This Year #30DaysRamadhanWriting 27
Featured

Teman Dalam Hijrah #30DaysRamadhanWriting 26

Dulu, bangsa Arab adalah bangsa yang sangat ‘membanggakan’ kesukuan ataupun klan (bani) mereka. Ada suku/bani yang diposisikan ‘terhormat’, ada yang ‘rendahan’. Sampai-sampai ada tradisi: jika ada salah satu anggota mereka dibunuh oleh suku ataupun klan lain, saudara se-klan-nya diizinkan mengejar pembunuhnya. Kemudian Islam datang sebagai sesuatu yang ‘aneh’, lantas mendobrak kebiasaan dan tradisi bangsa Arab […]

Read More Teman Dalam Hijrah #30DaysRamadhanWriting 26
Featured

Hope #30DaysRamadhanWriting 23

“Allah tidak menjanjikan kehidupan tanpa ujian, tertawa tanpa kesedihan, matahari tanpa hujan. Tapi Allah menjanjikan kekuatan untuk hidup, keteduhan untuk air mata, cahaya untuk menerangi jalan kita. Itulah yang kita sebut harapan.” -Anonim. Ada The Only One Zat yang menjadi pelabuhan harap Muslim. Yang kepada-Nya, kita takkan pernah kecewa. Yang kepada-Nya, takkan mendapat balasan “PHP”. […]

Read More Hope #30DaysRamadhanWriting 23
Featured

Bincang-Bincang LPDP #1: Seleksi LPDP

Assalamu’alaykum. Halo, semua! Semoga selalu sejahtera ya. Aamiin. Oke, di blog kali ini saya mau share sedikiit aja (kita liat sedikitnya segimana ya wkwkw), tentang pengalaman saya saat apply beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kementerian Keuangan RI. Beasiswa ini lagi ngehits-ngehitsnya di Indonesia. Salah satunya karena banyaknya pilihan universitas yang bisa dipilih, tidak dibatasinya […]

Read More Bincang-Bincang LPDP #1: Seleksi LPDP
Featured

Ngobrolin CISAK #1: Apa itu CISAK?

CISAK? Apa itu CISAK? Yang jelas bukan hewan melata yang katanya suka makan nyamuk dan kalau di buku pelajaran IPA SD dia bisa ototomi. Apakah itu? Cicaaak. #skip #bhay #garing (please jangan langsung close this page~). **** (jadi tadi itu masih bagian kata pengantar) Assalamu’alaykum! Semoga keselamatan selalu tercurah untuk kita semua. Aamiin. Artinya kurang […]

Read More Ngobrolin CISAK #1: Apa itu CISAK?
Featured

Bicara soal Wanita – Galau masa depan(?) (Part 1) #girlstalk

Assalamu’alaykum. Halo semua 🙂 Good Morning, semangat pagi, goede morgen, shobaahul khoyr! Di postingan sebelumnya, saya ngomongin cinta, nah sekarang saya ngomongin.. perempuan! Lah ngapain ngomongin perempuan, kan penulisnya udah perempuan juga. Haha, justru itu, kadang ngomongin yang terdekat dengan diri kita juga penting. Supaya makin kenal dengan sosok tersebut. Yang pasti ini bukan tentang […]

Read More Bicara soal Wanita – Galau masa depan(?) (Part 1) #girlstalk
Featured

Bicara Cinta #2: Cara Jatuh Cinta (Talk about Love)

Kalau ditanya pernah jatuh cinta gak? Ya pernah. Secara manusia biasa. Apalagi saya diidentifikasi tipe perempuan yang “easy lover”, mudah mencintai. Yaa dulu lebih parah sih dari sekarang. Dari satu event ke event lain bisa-bisa yang disukai ganti-ganti. Gampang cinlok. Haha. Semakin dewasa, alias semakin tua, alhamdulillah, Allah mempertemukan saya dengan orang-orang baik yang dari […]

Read More Bicara Cinta #2: Cara Jatuh Cinta (Talk about Love)

Finale!  #30DaysRamadhanWriting 30

#day30 writing Alhamdulillah, proyek 30 hari mencari cinta #eh, proyek 30 hari menulis di Ramadhan selesai di H4 lebaran hehe.  Baru ikut mulai H3 Ramadhan, dan sempet kelewat 2 tulisan (2 hari) (Via instagram). Jadi skrg mau share sukaduka menyelesaikan proyek ini Wkwk. Awalnya tau dari kang @giegulali (Augie Rieyandha), sutradara & sinematografer tayangan2 positif […]

Read More Finale!  #30DaysRamadhanWriting 30

Family #30DaysRamadhanWriting 29

Katanya, keluarga adalah lingkungan terkecil dan terdekat kita. Yang baik sisi menyenangkan atau nyebelinnya bakal selalu dikangenin. Yang cenderung lebih tau diri kita dibanding yg lain. Yang sedekah atau menolong keluarga lebih diutamakan sebelum menolong yang lain. Saya gatau udah bisa menerapkan semua itu dengan baik (termasuk menghargai, memperlakukan) atau belum. Yang  jelas, maaf dan […]

Read More Family #30DaysRamadhanWriting 29

Thank You! #30DaysRamadhanWriting 28

[2/3 – Terimakasih!] #katasakti  Kata sakti kedua adalah: Terimakasih! ; Thank you! Mungkin gak perlu banyak dijelasin lagi deh alasan “kesaktian” kata ini. Bahkan di beberapa hal dan bagi beberapa orang, kata ini bisa jadi salah satu patokan sopan atau gaknya seseorang (beberapa loh yaaa, gak semua). Dan di satu titik, tanpa sadar kata ini […]

Read More Thank You! #30DaysRamadhanWriting 28

Sorry #30DaysRamadhanWriting 25

[1/3 – Maaf] #day25 writing #katasakti Kata para ahli, ada 3 kata sakti yang bisa keluar dari mulut kita : “Tolong/Please”, “Terimakasih/Thank you”, dan “Maaf/I’m sorry”. Kenapa sakti?  Apa karena bisa mengubah sesuatu jadi emas? Atau bisa mengubah keadaan dengan seketika? Yes, bisa jadi! Mungkin ini salah satu yang dimaksud “the power of words”/ kekuatan […]

Read More Sorry #30DaysRamadhanWriting 25