Teman Dalam Hijrah #30DaysRamadhanWriting 26

Dulu, bangsa Arab adalah bangsa yang sangat ‘membanggakan’ kesukuan ataupun klan (bani) mereka. Ada suku/bani yang diposisikan ‘terhormat’, ada yang ‘rendahan’. Sampai-sampai ada tradisi: jika ada salah satu anggota mereka dibunuh oleh suku ataupun klan lain, saudara se-klan-nya diizinkan mengejar pembunuhnya.

Kemudian Islam datang sebagai sesuatu yang ‘aneh’, lantas mendobrak kebiasaan dan tradisi bangsa Arab sebelumnya. Rasa kebanggaan atas suku / klan masing-masing, peperangan antar suku, semua dihapuskan. Karena Islam mengganggap semua manusia sama dan setara kedudukannya, tak peduli sukunya apa, tak peduli apakah klan-nya terhormat atau rendahan. Satu-satunya pembeda kualitas manusia di hadapan Sang Pencipta adalah: ketakwaan. 

Pun ketika akhirnya Nabi dan pengikutnya hijrah ke Madinah. Kaum Anshar di Madinah yang sebelumnya berkonflik (terpecah antara suku Auz dan Khazraj) kemudian bersatu padu..menolong kaum Muhajirin Mekah yang hanya memiliki perbekalan sedikit, jauh dari keluarga besar, dan membutuhkan dukungan moril dan materiil di tanah hijrah. Ada yang ikhlas memberi pekerjaan, harta, rumah, bahkan dibantu carikan jodoh.. 

Kenapa bisa? Karena mereka telah dipeluk oleh 1 iman. Dan, persaudaraan karena iman, akan melebihi persaudaraan karena darah, apalagi karena suku.

Begitu juga saat kau hijrah dari 1 titik ke titik baru. Meninggalkan beberapa kebiasaan lama yang kau pikir sudah saatnya diubah. 

Di sana, kau akan temukan, teman2 baru.. yang akan menemani mu beradaptasi di titik tersebut. Yang perhatiannya tiba-tiba jadi lebih besar daripada teman-teman yang lain. Yang tidak akan memandang kau berada atau tidak. Yang tidak menilai kau cantik/tampan atau tidak. Yang akan menjadi teman dekat dalam waktu sgkat. Yang.. semoga, kau & mereka bisa saling menolong di akhirat kelak.

Saat ada salah satu dari mereka yang ‘lulus’ ke Surga, lalu ia bersaksi dan mengajakmu ikut ke sana, karena ia tahu, dulu kau ada di satu barisan perjuangan bersamanya.

.

And then..let’s pray together.. hope to see you again, here and ‘there’, aamiin :”)

#tibatibamelow #missyou #speechless 

#30DaysRamadhanWriting #day26 writing #Ramadhankareem #eeman #friendship

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s