Sorry #30DaysRamadhanWriting 25

[1/3 – Maaf]

#day25 writing #katasakti

Kata para ahli, ada 3 kata sakti yang bisa keluar dari mulut kita : “Tolong/Please”, “Terimakasih/Thank you”, dan “Maaf/I’m sorry”. Kenapa sakti? 

Apa karena bisa mengubah sesuatu jadi emas? Atau bisa mengubah keadaan dengan seketika?

Yes, bisa jadi!

Mungkin ini salah satu yang dimaksud “the power of words”/ kekuatan kata-kata. Pilihan kata alias diksi yang kita gunakan dalam berkomunikasi bisa jadi suatu alat ‘sihir’ (well gak literally sihir juga sih ya wkwk), yang bisa mengubah keadaan. Yang tadinya kita takut keadaan akan menjadi buruk, eh dengan 3 kata ini, malah menjadi baik tiba-tiba.

Barangkali ada saat ketika orang yang kita hadapi sedang emosi / bad mood. Lalu kita bicara dengan kata yang keliru (apalagi kalau nada bicaranya juga ketus). Hasilnya akan beda jika kita memilih kata-kata yg baik, tepat, apalagi kalau ada 3 kata sakti ini, terutama (yang lagi jadi judul post ini): Maaf.

.

Memaafkan katanya tak mudah. Terlebih lagi meminta maaf saat kita salah. Kadang ego yang begitu besar mampu menenggelamkan kesediaan kita meminta maaf. Padahal, dalam suatu perseteruan, kata “maaf” sangat bisa menjadi pendamai suasana. Jika dan hanya jika, sang ego berhasil kita lunakkan sejenak.

Di bulan yang penuh berkah ini, yuk kita buka pintu maaf sebesar-besarnya, sekaligus berusaha menurunkan ego utk meminta maaf atas semua salah-salah kita. Oke, mungkin memang bukan kita yg salah, tapi.. memilih untuk meminta maaf pun tak akan memperburuk keadaan, gak akan menurunkan ‘derajat’ kita juga (if you have a thought like that). Justru akan memperbaiki keadaan. 

Yang terpenting, karena ini masih 10 hari terakhir ramadhan, mari kita mohon ampun dan maaf kepada Yang Maha Pemaaf: Allah SWT, Rabb semesta alam.
“Allahumma innaka ‘afuww, tuhibbul ‘afwa, fa’fu ‘annii, yaa Karim..” :’) 

Diulang ulang ya doanya. Semoga kita semua dapat ampunan dan maaf-Nya yang begituu luas. Aamiin.
Note : Saya pribadi meminta maaf sebesar-besarnya untuk setiap kata, tindakan yang membuat teman-teman tidak nyaman selama ini 😦 banyak pasti. Mohon dimaafkan ya..🙏

#30DaysRamadhanWriting #sorry #selfreminder #powerofwords #maaf #kekuatankata #ramadhankareem #ramadanmubarak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s