The Power of Words #30DaysRamadhanWriting 20

Kadangkala kita suka meremehkan susunan atau pilihan kata yang kita ambil saat berbicara ataupun menulis. Padahal, missed communication seringkali terjadi gara-gara hal yang terlihat ‘sepele’ ini. Apalagi kalau komunikasi yang kita lakukan hanya lewat tulisan atau ketikan, alias gak ketemu langsung. Alhasil, faktor yang mempengaruhi sampainya informasi kepada penerima, porsi terbesarnya adalah ya susunan, pilihan kata, bahkan smiley juga bisa. Jelas karena lawan bicara kita gak bisa liat mimik wajah ataupun gesture kita (padahal menurut penelitian, kalau kita ketemu langsung, gesture lah yang menjadi faktor terbesar keefektifan komunikasi kita; well, karena gesture gak bisa bohong hehe). CMIIW*

.

Sederhananya saja, mengetikkan: “kamu salah! Ulangi lagi!”, dengan “bagian yang itu benar, tapi masih ada yang kurang tepat. Coba cari lagi, lebih teliti ya..”

Mungkin intinya sama, tapi rasanya bisa jadi berbeda.

.

Tapiii ada yang ketinggalan: karakter lawan bicara kita juga bisa jadi faktor kata-kata apa saja yang akan kita keluarkan. Karena bisa jadi, orang A akan biasa saja ketika kita mengetikkan “kamu salah! Ulangi lagi!” Jika begitu, mungkin saja gak masalah kita ngetik begitu (lebih hemat juga haha). Tapi untuk orang B yang ternyata (misal) orangnya perasa banget, bisa berabe. Alhasil, informasi awal yang ingin kita sampaikan gak nyampe dehhh, alias kurang efektif..

.

So….. begitulah manusia! Beragam, kaya, sulit untuk digeneralisasi. Artinya, untuk bisa berkomunikasi dan menghadapi setiap orang dengan baik, apapun latar belakang pendidikan kita, tetap butuh belajar (walau sedikit) ilmu komunikasi, linguistik dan psikologi. Belajarnya bisa yang dasar-dasar atau aplikatif+praktis dulu mungkin yaaa, kecuali kita memang mendalami bidang itu sebagai profesionalisme kita. (Saya juga bukan bidang tsb hehe, tapi senang mempelajari hal tersebut🤗).

.

Ok, selamat Ramadhan ke-21 kawan2! Selamat berbuka bagi yg shaum. Ayooo kita tetap semangat belajarr hal2 di sekitar kita. Semangatt 😊😊😊💪💪

#30DaysRamadhanWriting #day20 writing, #day21 Ramadhan #semangatbelajar 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s