Ambis? #30DaysRamadhanWriting 21

Ambis, disingkat dari kata => ambisius. Biasanya disematkan pada orang-orang yang ‘terkesan’ ‘terlalu’ bersemangat plus bergairah (?) mengejar target atau mimpinya (Duh maaf ya kalau salah ngedeskripsiin, ya intinya begitulah). Bisa dalam hal akademik, atau pekerjaan. Bisa hal duniawi, atau akhirat, atau malah keduanya.

.

Suatu hari, di tengah obrolan santai dua manusia yang katanyaaaa ambisius (berdasarkan hasil tes psikologinya), munculah statement berikut : “Kata ibu saya.. kalo orang ambisius harus di imbangi dengan iman, supaya ga kaco (Ngaco/kacau-red).. tapi saya jujur masih bingung kwkw”.

.

Kalau ingat hasil obrolan tsb, lalu dikaitkan dgn beberapa sosok inspiratif yang dikenal, statement tsb memang benar adanya. Tapi “ngaco” yang kayak gimana nih yang kira-kira bisa muncul..?

.

Jika keambisiusan kita tidak diimbangi iman, mungkin saja.. 👇

~kita bisa sangat sangat kecewa, marah, dan sedih saat target kita tidak tercapai. Bisa putus asa, atau… bunuh diri (level parah) ? (Na’udzubillah, jangan sampe ada ya).

~kita jadi bisa menghalalkan segala cara untuk dapetin target kita.

~kita bisa jadi sombong, sok paling tahu yang benar dan baik buat kita, gak mau dengerin pendapat orang lain.

~dan…bisa jadi apa yang kita perjuangkan, segala keambisiusan kita, ujungnya gak jelas. May be hanya untuk sukses dunia aja. Yang hanya sementara dan bisa hilang dalam sekejap. Harta? Tahta?

.

Maka bersyukurlah bagi yang sudah ‘dikenalkan’ dengan ilmu tentang iman sejak dini. Bersyukurlah yang sudah tahu dan paham mau dibawa kemana semua yang kita kerjakan. Bersyukurlah yang sudah tahu tujuan hidup dan tujuan diciptakannya kita. Dan, jikalaupun ternyata predikat ‘beriman’ belum pantas tersemat saat ini, tak usah bersedih. Selama kita terus berusaha, yakinlah Ia melihat dan akan membalas segala usaha baik kita dengan sebaik-baik dan sepantas-pantasnya. Tetap bersabar, karena kita belum sampai di akhir perjalanan. Jika terus konsisten dalam kebaikan, akhir pasti lebih indah dari awal. Dan janji-Nya itu pasti benar.

.

Malam ke-23 #Ramadhan. Semangat berAMBIS gapai ridho-Nya. Good luck utk kita!

#30DaysRamadhanWriting #day21 writing, #day22 Ramadhan. Alhamdulillah.

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s