xSEPErience Romania – Sebelum hari H (Behind The Scene)

Alhamdulillaah, di tahun kuliah terakhir ini, Allah masih menitipkan kesempatan kepada saya buat ikut serta dalam program SEP (Student Exchange Programme), yang diorganisir oleh IPSF (International Pharmaceutical Student Federation) dan HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi) ‘Ars Praeparandi’ ITB. Awalnya, saya hanya berniat, selama kuliah ini mau ikut Student Exchange. Pas tahun ketiga saya batal daftar, pas tahun ke empat, saya coba daftar ke Jordania (pilihan pertama), Finlandia (pilihan kedua), dan Slovenia (pilihan ketiga). Entah mungkin karena organisasi mahasiswa farmasi di sananya lagi gak aktif, jadi weh gak ada yg diterima aplikasi saya nya hehe. Tapi santai aja sih sebenarnya..

Naah, selang beberapa bulan kemudian, tetiba SEO dari HMF ‘AP’ ITB mengumumkan kalau masih ada 3 slot kosong karena ada yg mengundurkan diri. 3 slot kosong itu adalah 1 di Portugal, 1 di Romania, 1 di Mesir. Karena masih ada keinginan dan harapan, saya akhirnya nanya2 ke SEOnya, dan Alhamdulillaah ortu pun kasih izin. Waktu itu, pertimbangan saya dalam memilih negara cuma dua; tanggal mulai dan periode program (karena awal agustus saya harus di Indo lantaran ada acara keluarga penting), dan sendiri atau gaknya saya di sana (kalau sendiri gak diizinin). Walhasil, pilihan jatuh kepada Romania. Yang pada awalnya saya sama sekali gak tahu menahu soal negara ini. Bapak saya juga sempat meragukan negara ini karena letaknya di Eropa Timur (yang mana Bapak saya belum pernah tahu gimana keamanan dkknya di sana) dan daerah tempat saya akan praktek di sana adalah wilayah asalnya Mr. Dracula yg asli (bukan yg versi kartun).

Singkat cerita, saya pun melanjutkan proses pengiriman aplikasi. Waktu itu saya berdoa, seandainya ini baik untuk kehidupan saya sekarang dan selanjutnya, mohon dilancarkan.. Dan Alhamdulillaah, Allah melancarkan semuanya, termasuk urusan visa yg tanggal pengajuannya mepet sama keberangkatan, Alhamdulillaah :”).

Di tengah2 proses aplikasi, saya ceritanya minjem buku novel “The Chronicles of Ghazi” ke teman saya. Buku itu bercerita tentang salah satu sejarah perjuangan Sultan Muhammad Alfatih (Sang Penakluk Konstantinopel) di masa Kesultanan Turki Utsmani. Buku ini ditulis oleh Ustadz Felix Siauw dan Sayf M. Isa. Saya gatau isi detail bukunya kayak apa. Tapi ternyataaa.. Setelah saya baca bukunya, jreng jreng, ternyata itu berisi perjuangan/pertempuran antara Turki Utsmani dan Kerajaan Kristen di Eropa (Kristendom). Namun yang menjadi fokus utama di novel itu (kalau saya gak salah tangkap) adalah kisah antara Sultan Alfatih dengan Vlad III Dracula (cucu dari Pangeran Mircea, dari Wallachia, yang kemudian akan menjadi tokoh yg kita kenal sbg Dracula. Dann latarnl ceritanya itu di daerah Romania!! sebut saja Sighisoara, Wallachia, Dobrogea, Pegunungan Carpathian dll saya lupa hehe. Jadi… Saya bakalan ke negara mereka?

Entah ini pertanda atau bukan.. Tapi kayaknya bukan kebetulan hehe.

Yup jadi itulah sekilas kisah awal sebelum saya berangkat beneran utk SEP ke Romania, tepatnya di kota Cluj Napoca.

In syaa Allah, di postingan selanjutnya, saya akan berbagi tentang kisah perjalanan di hari pertama! Ditemani dengan bapak2 imigrasi yang menahan saya di bandara, mahasiswa dri wilayah timur tengah yg menyapa saya karena ternyata sesama Muslim, dan sendiriannya kerudung saya sepanjang perjalanan menuju kota ini 🙂

Semoga berkah n bermanfaat :’)

Wassalamu’alaykum..

(Oya kalau teman2 mau tahu cerita AlFatih dan Dracula secara umumnya bisa dibaca di:

http://felixsiauw.com/home/muhammad-al-fatih-sang-ghazi-dan-vlad-iii-dracula-sang-pemancang/. Utk sejarah islam dan kehidupan Muslim di sana, scara singkatnya bisa ditonton di Youtube, search aja “jazirah islam Romania” 😀 ).

Leave a Reply

